Jelajahi

Kategori
Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Rumbah Semanggen, Kuliner Khas dari Indramayu

Meneer Pangky
Selasa, Maret 07, 2023 | 08:00 WIB Last Updated 2023-04-03T09:48:10Z
Rumbah Semanggen. Foto/Eli Hermawati
Ranggonseni.com - Jawa Barat dikenal kaya dengan warisan ragam kuliner, salah satunya rumbah semanggen dari Indramayu. Makanan yang berasal dari tanaman semanggi ini populer di kalangan orang Indramayu. 

Petani biasa mengambilnya setelah selesai bekerja di sawah. Semanggi banyak tumbuh di sawah maupun rawa.

Makanan ini dikukus lalu disajikan dengan sambal kelapa, cita rasa gurih, sedap dan aroma yang keluar membuat siapa saja akan ketagihan.

Pengolahan rumbah ini sangat mudah, yakni daun semanggi dicuci bersih lalu dikukus. Bahan sambalnya pun mudah didapat seperti cabai lombok merah, kencur, bawang putih, bawang merah, garam, gula, dan kelapa parut.

Untuk membuat sambal, terlebih dahulu haluskan cabai lombok merah, bawang putih, bawang merah dan kencur. Kemudian tumis pada api sedang, lalu bila sudah tercium aroma harum berikan air secukupnya.

Kemudian masukan kelapa yang sudah diparut, lalu berikan bumbu seperti garam dan gula. Tunggu sampai minyaknya keluar dan wangi, lalu cicipi hingga dirasa pas dengan lidah.

Bumbu sambal lalu disiram ke atas daun semanggi yang sudah dikukus tadi. Kini, rumbah semanggen siap disantap.

Konon, daun semanggi banyak khasiat seperti obat wasir, radang tenggorokan, demam, dan badan yang lemas. Diketahui, daun ini mengandung vitamin D dan zat besi yang banyak. (Meneer Pangky/RS)***

Baca kabar lainnya di Google News
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Rumbah Semanggen, Kuliner Khas dari Indramayu

Trending Now